Memindah Package Python 32bit ke 64bit pada Windows dengan Cepat


Karena satu dan lain hal, akhirnya saya memutuskan untuk hijrah dari madzhab 32bit menuju madzhab 64bit. Walaupun secara penggunaan tidak terlalu berbeda secara signifikan, namun ada beberapa hal yang harus disesuaikan dengan arsitektur yang digunakan sekarang.

Salah satunya adalah penyesuaian package-package python. Jika sama-sama menggunakan 32bit, proses pemindahan akan lebih sederhana karena tinggal copy paste folder python yang lama ke folder python yang baru, maka otomatis package yang sudah di install di sistem yang lama akan tercopy ke sistem yang baru. Namun jika dari 32bit ke 64bit hal ini tidak bisa dilakukan karena package pada python membutuhkan kalkulasi yang lebih akurat berdasarkan arsitektur komputer yang digunakan. Sehingga mau tidak mau harus melakukan instalasi package dari awal lagi.

Tetapi jika kita melakukan instalasi satu per satu dari awal maka akan memakan waktu yang cukup lama. Nah untuk menghindari itu, maka kita bisa melakukan hal berikut ini

- Hal yang pertama kita lakukan adalah dengan mengcopy list package yang telah kita install sebelumnya kedalam sebuah file dengan mengetikan perintah berikut pada command prompt

pip freeze > packages.txt

Setelah kita mengetikkan perintah tersebut maka akan terbuat file pada direktori C:\Windows\System32 dengan nama packages.txt yang berisi list package yang kita install.
Setelah itu kita copy file tersebut ke sistem yang baru.

- Setelah itu, kita dapat melakukan instalasi package python pada sistem yang baru dengan list package yang sama dengan package yang ada pada sistem sebelumnya dengan mengetikkan di command prompt perintah berikut (letakkan file packages.txt pada direktori C:\Windows\System32 di sistem yang baru)

pip install -r packages.txt

Sekian, apabila ada yang ingin didiskusikan silahkan tinggalkan di kolom komentar

You Might Also Like

0 comments