Cara Install Package .whl Python pada Windows


Sudah cukup lama blog ini nganggur, dan karena satu dan lain hal (baca: pengangguran) maka saya putuskan untuk ngurusin blog ini lagi. Sebenarnya sudah ada beberapa draft yang saya tulis, tapi kali ini mari mulai dengan sesuatu yang ringan.

Salah satu sebab yang membuat saya cukup tertarik dengan bahasa pemrograman python adalah banyaknya package yang tersedia secara gratis, baik untuk keperluan statistik, web development, dan lain sebagainya.

Selain package ini dapat memudahkan kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, cara installnya juga cukup mudah. Terdapat beberapa cara untuk menginstall package yang ada di python, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan perintah pip pada command prompt (pastikan pip sudah ditambahkan pada user path).

CARA PERTAMA

Untuk contoh kali ini adalah menginstall package statsmodels. Statsmodels adalah package python yang biasa digunakan untuk keperluan statistik. Setelah membuka command prompt (open as administrator, dan pastikan komputer terhubung dengan jaringan internet) lalu ketikkan perintah berikut

pip install statsmodels

Kemudian enter dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

CARA KEDUA

Namun untuk beberapa kasus, apabila instalasi gagal dilakukan, kita dapat melakukan instalasi dengan cara lain yaitu dengan menginstall package menggunakan file .whl.

Walaupun cara yang kedua ini relatif lebih panjang di banding dengan cara yang pertama, namun cara ini cukup ampuh untuk beberapa kondisi. Misalkan kita ingin menginstal package python, namun komputer di rumah kita tidak mempunyai akses internet.

Untuk langkah pertama, kita harus men-download terlebih dahulu package yang akan kita install di situs https://www.lfd.uci.edu/~gohlke/pythonlibs/ (pilih berdasar versi python dan tipe komputer yang kita punya) kemudian pindahkan ke lokasi yang mudah kita akses.

Setelah itu, kita buka command prompt lalu pindah ke direktori tempat kita menyimpan file .whl tersebut, lalu ketikkan perintah berikut ini

pip install nama-package.whl

Kemudian enter dan tunggu sampai instalasi selesai.

You Might Also Like

0 comments